Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok

Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok – Taman Narmada Lombok merupakan sebuah air kolam yang berasal dari sumber mata air Gunung Rinjan. Konon sumber mata air tersebut dipercaya mampu membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang menggunakan sumber mata air Narmada dengan cara meminum atau membasuh muka mereka.
Keberadaan Taman Narmada saat ini telah dibuka untuk umum dan menjadi pusat rekreasi yang selalu ramai dikujungi wisatawan hingga mancanegara. Para wisatawan akan ramai berbondong-bondong ke objek wisata terutama pada akhir pekan. Pasalnya keindahan taman dan kolam yang menyimpan ragam nilai sejarh disuguhan kawasan rekreasi ini. Berikut destinasi wisata dari Taman Nermada Lombok.

Kenali Keindahan Wisata Taman Narmada Lombok

Lokasi Taman Narmada Lombok 

Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok

Taman Narmada memiliki luas dua hektar yang berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Jika anda menemuh dari Kota Mataram, maka harus memakan jarak sekitar 10 km ke arah timur. Lokasi Taman Narmada yang cukup strategi sehingga mampu diakses dari segala penjuru manapun. Bahkan apabila menggunakan kenadaan pribadi, para wisatawan dapat melewati rute Mataram, Cakranegara, Swetra, Bertais hingga akhirnya tiba di Narmada.

Sejarah dan Fungsi Taman Narmada


Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok

Saat melihat sekilas, Taman Narmada Lombok memang menyerupai taman yang ada di daerah Karangasem, Bali. Menurut sejarah, pendirian Taman Narmada pada tahun 1927 dan diprakarsai oleh Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan raja dari Kerjaan Karangasem.  Awalnya taman ini digunakan sebagai tempat upacara Pakelan atau ritual pengorbanan. Konon pemilihan nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang dianggap suci di India dan ditunjukan untuk menamai mata air dengan membentuk beberapa kolam maupun sungai di tempat tersebut.

Fasilitas di Taman Narmada


Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok

Adapun fasilitas di Taman Narmada cukup lengkap yang digunakan untuk rekreasi atau sekadar melepas penat. Pasalnya ditawarkan berbagai permainan seperti flying fox yang selalu menjadi primadona para pengunjung Taman Narmada. Bukan hanya itu, di kawasan taman ini juga menyediakan arena bermain layaknya kolam yang berasal dari Gunung Rinjani. Ada hal lain yang lebih menarik, yakni kepercataan mata air dari Narmada yan dapat membuat orang tampak awet muda. Dengan begitu banyak pengunjung yang mencuci muka atau bahkan minum dari mata air tersebut.

Bangunan Pura Kalasa


Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok

Sebenarnya objek wisata Taman Narmada telah mengalami beberapa kali pemugaran. Akan tetapi, di tiap-tiap bagian taman masih terawat dan seringkali meengundang rasa kagum bagi wisatawan. Tidak hanya memandangi keindahan kolam Narmada, terdapat pula bangunan yang menjulang tinggi bernama Pura Kalasa. Namun wisatawan harus menempuh puluhan anak atangga sebekum mencapai ke Pura yang megah ini. Meskipun melelahkan, namun perjuangan menaiki anak tangga akan terbayar lunas dengan adanya panorama menakjubkan disertai hembusan angin.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Taman Narmada, Lombok? Segera atur jadwal keberangkatan anda bersama keluarga agar liburan semakin menyenangkan. Pastinya dengan berkunjung ke Taman Narmada, anda akan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Artikel Terkait

Destinasi Wisata Taman Narmada Lombok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email