Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam berupa curug atau air terjun yang terdapat di Bogor. Ya, kota hujan ini memang masih terasa asri dan sejuk karena masih terawatnya hutan di sekitarnya. Untuk mengunjungi Curug Nangka, Anda harus tahu bahwa route yang akan Anda hadapi bukanlah route yang mudah untuk dilalui. 

Medan yang akan dilewati cukup menantang karena merupakan medan pegunungan. Tapi, medan menantang itu tidak akan terasa berat dan melelahkan karena Anda bisa menikmati perjalanan dengan udara yang bersih dan sejuk serta pemandangan alam yang indah.


air terjun curug nangka
Curug Nangka


Letak Curug Nangka

Curug Nangka terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Karena lokasinya yang berada di sebuah taman nasional, tentunya kawasan air terjun ini masih menjadi area yang dijaga dan dilestarikan dengan baik. Kawasan air terjun ini tepatnya terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Selain itu, kawasan ini juga berada di bawah naungan RPH Gunung Bunder, dan juga BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor. 

Tepatnya, air terjun curug nangka ini berada di kaki Gunung Salak dengan ketinggian 750 mdpl. Suhu udara di sekitar kawasan ini adalah sekitar 20-22o C sehingga terasa sejuk. Selain masih dikelilingi oleh hutan yang lebat, curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 4000mm/ tahun merupakan alasan mengapa kawasan ini terasa sejuk.

Jika Anda akan mengunjungi Curug Nangka, maka lokasi yang harus dituju adalah Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Jika Anda ingin mencapai kawasan curug nangka ini dengan menggunakan GPS, koordinatnya adalah 6o 40’ 4.12” S 106o 43’ 37.09” E. Atau lihat peta via google map klik disini.

Akses ke Air Terjun Curug Nangka

Kawasan air terjun curug nangka sangat mudah untuk diakses baik dengan kendaraan prinbadi maupun kendaraan umum. Berwisata ke kawasan ini akan lebih mengasyikkan jika menggunakan kendaraan roda dua. Bagi mereka yang cinta petualangan, mencapai kawasan air terjun ini akan lebih menantang dengan menggunakan sepeda gunung atau motor. Tidak perlu khawatir akan tersesat karena ada cukup banyak papan penunjuk untuk mencapai kawasan air terjun curug nangka.

Dengan Kendaraan Umum
Jalan menuju lokasi curug nangka dari Kota Bogor juga sangat mudah untuk diikuti. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki angkot jurusan Ramayana (BTM) – Ciapus atau angkot NO.03 yang bisa didapat di depan Bogor Trade Mall (BTM). Behentilah di pertigaan sebelum pintu gerbang menuju lokasi. Belok kiri untuk menuju Curug Nangka dan jika Anda belok ke kanan, Anda akan menuju Curug Luhur. Dari pertigaan tersebut Anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh setengah kilometer.

Dengan Kendaraan Pribadi
Dengna menggunakan kendaraan pribadi, route yang paling mudah dimulai dari Istana Bogor kemudian ke arah kanan mengikuti jalan yang menuju Ciapus. Jika Anda dari Jakarta, perjalanan ini bisa memakan waktu sekihtar 2,5 jam.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Curug Nangka

Berwisata alam ke Bogor merupakan jenis wisata yang sangat banyak diminati, terutama bagi mereka yang gemar berpetualang dan selalu membutuhkan waktu refreshing setelah penat pada pekerjaan. Dan berwisata ke Curug Nangka ini adalah pilihan yang tepat karena wisata alam ini juga sangat murah. Berikut beberapa informasi tentang estimasi biaya perjalanan ke lokasi air terjun curug nangka (biaya bisa sedikit berbeda sesuai dengan kenaikan harga tiket atau semacamnya);

-       Tiket Kereta Api dari Jakarta ke Bogor: Rp 5.000,-
-       Angkot dari Stasiun Bogor ke Bogor Trade Mall: Rp 3.000,-
-       Angkot dari BTM ke Ciapus: Rp. 7.000,- sampai Rp 10.000,-
-       APTB: Rp 14.000,-
-       Biaya masuk ke kawasan air terjun: Rp 15.000,- (untuk hari libur) 

Nikmati Air Terjun Lain di Kawasan Curug Nangka


air terjun curug nangka

Setelah melewati pintu gerbang kawasan air terjun Curug Nangka, Anda tidak bisa langsung menikmati keindahan air terjun ini. Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu menuju air terjun. Tapi karena kawasan ini masih diliputi udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, perjalanan ini tidak akan terasa melelahkan. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan banyak monyet liar yang hidup di kawasan hutan sekitar air terjun. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun lain sebelum mencapai Curug Nangka

curug nangka
Curug Daun

Sebelum mencapai kawasan air terjun curug nangka, Anda bisa menikmati sejuknya air terjun Curug Daun yang berjarak sekitar 300 – 400 meter dari parkiran. Tinggi air terjun ini hanya sekitar 6 meter. Setiap pengunjung harus menyusuri jalan di pinggiran sungai, tidak boleh menyusuri sungai karena air bah bisa datang kapan saja dan membahayakan setiap orang yang melintasi sungai. Di lokasi Curug Daun, para pengunjung bisa menikmati sejuknya air dengan berenang di kolam alami dan juga air mancur melengkung yang berbentuk seperti serat daun.

curug nangka
Curug Kawung

Selanjutnya, Anda juga bisa menikmati keindahan Curug Kawung yang letaknya di bagian hulu sungai. Jaraknya dari Curug Daun yaitu sekitar 1 kilometer dan bisa dicapai dengan melalui jalan setapak yang naik turun. Air terjun ini lebih tinggi, yaitu sekitar 25 meter. Pemandangan di sekitarnya juga lebih indah karena dikelilingi dengan bukit – bukit yang hijau. Selain itu, lokasinya yang lebih terbuka dianggap lebih aman dari bahaya air bah.Air terjun yang mengalir juga tidak begitu deras karena melewati tebing – tebing bukit.

air terjun curug nangka


Bagi Anda yang ingin menikmati waktu libur dan refreshing di alam yang indah, kawasan air terjun curug nangka adalah tempat yang tepat. Pemandangan yang indah sangat sempurna dengan sejuknya udara yang menyelimuti lokasi ini. Selain itu, hutan pinus dan perbukitan hijau merupakan pemandangan indah yang sangat menyejukkan mata. Karena keindahannya, kawasan Curug Nangka dan sekitarnya ini juga sering dijadikan lokasi berkemah dan juga outbond. 


Artikel Terkait

Wisata Alam yang Indah dan Murah di Curug Nangka
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email